Azzam udah bisa jalan ^_^

Moment kepandaian anak merupakan hal yang baru dan bisa membuat kita sebagai orang tua terbengong – bengong alias takjub melihatnya. Azzam bisa jalan diusianya 13m lebih beberapa hari. Pertanyaan yang selalu berulang waktu itu adalah “Azzam udah bisa jalan”, kenapa semua menanyakan hal tersebut, karena Bundanya ini bisa jalan tepat diusianya 1 tahun, gitu kata mamaku :), ternyata anaknya ga mau sama ama bundanya, Azzam extend 1 bulan lagi buat bisa jalan. Sampai diawal Januari sewaktu kita mau pulang kampung ke Lubuk Linggau untuk menghadiri pernikahan adekku, “nanti Azzam udah bisa jalan yah kalo kesini” gitu kata Ucinya (Mamaku). Eng Ing Eng, ternyata “mantra” itu belum berhasil juga, Azzam hanya berani 3 langkah lalu merangkak lagi, begitu seterusnya. Sepulangnya dari sana, ntah kapan tepatnya *Bundanya lupa nih :D* Azzam udah bisa jalan sendiri walaupun masih jatuh – jatuh tapi langkahnya sudah semakin banyak. Apalagi sekarang, semuanya mau sambil jalan, udah jago manjat – manjat juga nih anak πŸ™‚

Video Azzam bisa jalan, walaupun nyeker πŸ˜€

Azzam mirip ayah atau bundanya ^^

Anak merupakan perpaduan antara ayah dan ibunya baik sifat, bentuk muka, warna kulit, rambut. Begitupun dengan Azzam, ada perpaduan antara kami berdua didalamnya. Sewaktu Azzam masih didalam kandungan, saya sering berbicara padanya agar meniru semua sifat ayahnya tetapi warna kulit meniru bundanya πŸ™‚ dan ternyata “mantra” ini ga berhasil, Azzam tetap mengambil sifat yang ada pada bundanya. Inilah Azzam :

* Warna kulitnya meniru ayahnya (hitam manis). Kulit bundanya putih loh πŸ˜€

* Rambutnya sedikit (ini meniru bundanya), padahal selama hamil sudah dikasih “mantra” agar rambutnya seperti ayahnya, maklumlah rambut ayahnya tebal banget. Tips buat bu ibu yang ingin rambut anaknya tebal sewaktu lahir “Perbanyak makan kacang hijau selama hamil, kalo bisa tiap hari”.Β Sangking sedikitnya tuh rambut, akhirnya Azzam pake minyak rambut zwitsal *bukan promosi yah, tapi pengalaman pribadi, bahkan diolesi daun seledri sebelum mandi *resep dari ibu mertua :).

zwitsal-hair-lotion-aloe-vera-100-mlMinyak rambut Azzam *Bukan iklan

*Β Muka Azzam mirip siapa yah? saya ga bisa nebak kalo masalah kemiripan muka gini, tapi menurut beberapa orang, Azzam cenderung mirip ayahnya ^^.

10888809_10205843039461980_476217490876423303_n

Azzam mirip siapa nih ?

* Setiap nama adalah do’a. pemilihan nama Muhammad Azzam Alfarizi sendiri mendesak karena anaknya udah terlanjur lahir, hehehe. Awal namanya adalah Azzam *ini pilihan ayahnya karena dia suka dengan nama Azzam di sinetron PPT “Para Pencari Tuhan”, sinetron yang ditayangkan saat bulan ramadhan. Akhirnya dipadu padankanlah semuanya, terciptalah nama Muhammad Azzam Alfarizi.

Muhammad : Nama nabi Muhammad SAW

Azzam : Seseorang yang memiliki kemauan yang keras

Alfarizi : diambil dari nama sahabat nabi yaitu salman alfarisi. Seorang sahabat nabi yang cerdas.

Azzam diusianya yang 13m ini mulai suka jerit2 dan teriak2 kalo apa yang dilakukannya dilarang/dicegah ataupun dia melakukan sesuatu dan ga bisa. Misal nih : dia mau buka toples dan ga bisa maka akan teriak2, mau ke dapur dan pintunya kita tutup, ngamuklah dia. Bundanya harus pintar2 mengalihkan perhatiannya biar dia ga nangis. Jadi saya suka bercanda dengan suami, namanya juga “Azzam” Β yang artinya memiliki kemauan yang keras atau memang semua anak kecil seumuran Azzam lagi masanya tantrum :D. Nah kalo sifat yang satu ini, niru bundanya nih :D, tetapi bundanya lebih ke orang yang keras kepala kayaknya.

Azzam lagi suka jalan sendiri, sampe diatas kasur pun jalan, kita yang ngelihatin was was, krn sering tiba – tiba jatuh πŸ˜€

1 Tahun Mas Azzam ^_^

Hari ini, 05 Desember 2014. Tepat 1 tahun usianya Muhammad Azzam Alfarizi, Doa yang terbaik selalu terpanjat untukmu nak, jadi anak Sholeh, Pintar, baik, berguna buat semuanya :).

2xUdah bisa apa aja nih 1 tahun :

– Ngocehnya makin banyak dan beragam katanya. Mulai dari “Mamam” “Tatata” apalagi kalo teriak, wah seneng banget dia.

– Berani berdiri tanpa pegangan, walaupun hanya sekitar 1 detik ajah πŸ™‚

– Gaya nangisnya yang makin beraneka ragam kalo mau mengambil sesuatu eh malah dilarang. Mulai dari nengkurapin mukanya kelantai sampe keluar airmatanya :).

– Paling seneng diajak keliling pake motor ataupun sepeda dia sendiri.

– Betah banget yang namanya mandi, kalo diangkat malah nangis.

– Maemnya masih agak susah, berbagai macam menu udah dicoba tapi tetap aja suka dilepehin *hufffttt, lap keringet. Walaupun begitu, selain maem nasi dia suka. Mau itu sayur, buah, roti, kue, kerupuk, semua dilahap dengan lahap.

Ga terasa sudah 1 tahun usiamu nak, paling suka tuh nyiumin anak pas dia lagi tidur lelap gitu, mau diciumin kayak manapun dia pasrah ajah *lah iyalah, secara udah tidur anaknya vi :). Setahun yang lalu, dijam 09.00 ini bunda masih merasakan dirimu kontraksi diperut bunda setelah sebelumnya diinduksi, disaat itulah diri ini betul – betul pasrah tentang apa yang akan terjadi. Setelah hampir 4 jam nahan kontraksi karena induksi, dirimu belum mau keluar juga dan bukaan juga ga ada. Akhirnya diputuskan untuk Operasi Sesar karena air ketubannya sudah kering. Wah jadi flashback masa persalinanmu, cerita lengkapnya bisa disimak disini.

Cepetlah besar anakku sayang, mari kita Travelling bareng yah nak ^_^. Ini mah emaknya aja yang pengen banget travelling lagi :p.

We Love U Mas Azzam :*

Azzam Hari ini …

Mulai hari ini Azzam akan berdua saja sama mbaknya, Nenekku udah pulang kemarin karena kondisi badannya sudah semakin drop dan berpikiran bahwa ini sudah mendekati ajalnya dan dia berniat meninggal dirumahnya sendiri. Sedih banget rasanya pas nenek pulang karena Azzam diurusnya dari pertama kali lahir. Walaupun kadang aq sering sebel sama nenek karena dicerewetin macem2, terutama masalah mbak dirumah. Azzam udah 2 kali ganti pengasuh, karena pengasuh pertama ga cocok sama nenekku. Pengasuh yang kedua ini juga sering dkritik sama nenek terutama masalah pengasuhan Azzam *Nenekku tuh 1000% sayangnya sama Azzam, jadi kami kadang suka dimarahin juga sama dia kalo ada yang ga sreg dihatinya. Alhamdulillah mbaknya mau dinasehatin buat sabar menghadapi nenek, karena kami takut juga kalo mbaknya minta pulang -Cari pengasuh sekarang susah euy, apalagi yang bisa dipercaya-.

Apa ada yang berubah dengan pulangnya nenek ke Lubuk Linggau ? Jawabnya tentu IYA. Kami harus bekerjasama bertiga (Me, Suami, Mbak) agar rumah “nampak” bersih sedikit sebelum kami berangkat kerja. Alhamdulillah saya memiliki suami yang begitu rajin dan ga segan untuk membantu istrinya mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ternyata, nenek itu banyak juga loh kerjaannya dirumahku πŸ™‚ *Nenek ga pernah mau diem kalo lagi dirumah, pasti ada saja yang dikerjakan.

– Mencuci Piring

– Mengangkat pakaian & melipatinya

– Menyiram bunga

– Jagain Azzam kalo mbaknya lagi mandi atau menyetrika

Mbaknya fokus buat jaga Azzam aja selama kami bekerja, jadi kami bertiga mensiasati itu semua agar semuanya dapat terlaksana dengan baik. Azzam anaknya super aktif betul, ada saja yang dia lakukan dirumah tuh … sekarang lagi tahap nangis jerit2 kalo apa yang dimauin ga diturutin … lagi seneng ngacak2 dompet ayahnya dan bantingin HP :D. Jadi harus extra sabar buat menanganinya dan saya memang belum sabar menghadapi keaktifan Azzam :(. Ayahnya lah yang juara dalam menghadapi Azzam ini :).

Selama nenek dirumah, banyak banget pesan moral yang kami terima :

1. Nenek tuh hemat banget. Dia orangnya hemat untuk urusan makanan, pakaian dan beli barang2 dan sangat loyal untuk membantu orang.

2. Nenek telaten banget dalam melakukan pekerjaan apapun.

3. Nenek sabar banget orangnya.

Banyak banget kebaikan nenek yang akan kami kenang terus. Semoga nenek cepat sembuh dan bisa ikut kami lagi ke Pekanbaru.

We Love You :*

Bukit Raya-20140705-01750